Wakil Bupati Nias Barat, Membuka Secara Resmi Pelaksanaan Konsultasi Publik Rancangan Awal RPJMD

46

Infonias.com | Nias Barat – Wakil Bupati Nias Barat Dr. Era Era Hia, MM, M.Si, membuka secara resmi Pelaksanaan Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Nias Barat Tahun 2021-2026, yang dilaksanakan di Hall Tokosa Nias Barat, Rabu (16/06/21).

Sekretaris Bappeda sebagai Ketua Tim penyusun RPJMD Sonifati Zebua, MM dalam Laporannya, menyampaikan maksud pelaksanaan konsultasi publik rancangan awal RPJMD yaitu: Untuk memperoleh saran dan masukan dari pemangku kepentingan, perwakilan masyarakat serta pimpinan OPD, dalam rangka penyempurnaan rancangan awal RPJMD.

Hasil yang diharapkan pada konsultasi publik: menyepakati permasalahan, program dan penyelarasan tujuan, sasaran, indikator, strategi dan program prioritas sesuai visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Nias Barat.

Wakil Bupati Nias Barat dalam arahannya menyampaikan bahwa rancangan awal RPJMD ini menjadi dokumen yang sangat penting dan memuat visi dan misi Bupati serta 23 program unggulan untuk kepentingan masyarakat (Soguna Ba Zato).

 

Sebagai Forum untuk menampung masukan dan saran dari berbagai stakeholder, wakil Bupati mengharapkan saran dan masukan untuk menyempurnakan penyusunan rancangan awal RPJMD.

Wakil Bupati mengarapkan agar semua sasaran pembangunan harus mengacu pada visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati, sebagai pedoman kepada pimpinan OPD dalam menyusun Rencana Strategis (Renstra) dan mewajibkan ke 23 program unggulan termuat, menyesuaikan sumber daya dan kerangka pendanaan.

Sebelum membuka secara resmi Pelaksanaan Konsultasi Publik Rancangan awal RPJMD, Dr. Era Era Hia menyampaikan ucapan terimakasih kepada Prof. Dr. Sadu Wasistiono Dosen IPDN yang telah bersedia menjadi Narasumber pada kegiatan ini.

Akhirnya Wakil Bupati membuka secara resmi Pelaksanaan Konsultasi publik rancangan awal RPJMD, dilanjutkan dengan materi dari Narasumber Prof. Dr. Sadu Wasistiono, M.Si yang menyampaikan sumbangan pemikiran dan saran berharga untuk penyusunan RPJMD Kabupaten Nias Barat sesuai dengan visi misi, kondisi Nias Barat.

Kemudian Narasumber Prof. Fakhili Gulo menyampaikan materi tentang rancangan awal RPJMD yang memuat kondisi riil Nias Barat.

Usai pemaparan materi dari Narasumber, dilanjutkan dengan diskusi, tanya jawab, berisi masukan, dan diakhiri dengan penandatanganan berita acara menyepakati rancangan awal RPJMD.

Penulis : Hiburan Daeli
Editor    : Redaksi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here