SMK Negeri 1 Ulu Moro’o Berkembang Dalam Kuantitas Dan Kualitas Pendidikan

27

Infonias.com | Nias Barat – SMK Negeri 1 Ulu Moro’o di tengah Pandemi covid-19 mengoptimalkan kelayakan kesatuan semua komponen yang ada. Kelayakan-kelayakan dimaksud, diantaranya, ketersediaan fasilitas (perpustakaan, ruang praktek jurusan computer, kebugaran jasmani, olahraga, dan kegiatan kepramukaan serta menempatkan guru-guru profesional sesuai bidang jurusan masing-masing). Selain itu, yang perlu diapresiasi adalah kegiatan belajar-mengajar berjalan sebagaimana mestinya di bawah naungan kewibawaan pimpinan dan dibarengi dengan kesadaran yang berakar dari setiap guru yang mengabdi di SMK Negeri 1 Ulu Moro’o. Hal ini dapat dibuktikan dengan pelaksanaan pembelajaran yang berlangsung selama new normal, yakni pembelajaran dilaksanakan secara daring. Tetapi di SMK Negeri 1 Ulu Moro’o setelah dipertimbangkan dan mengamati kelayakan akses layanan belajar daring, kebanyakan siswa tidak memiliki handphone android serta akses layanan jaringan yang tidak memadai. Maka proses pembelajaran dilaksanakan secara luring sehingga terjawab keluhan/kendala yang dialami siswa selama pandemi.

Ibu Evabernawati Gulo, S.Pd sebagai Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Ulu Moro’o menyatakan bahwa bermutu tidaknya pendidikan tergantung pada keseriusan dan kerja sama semua komponen yang terlibat di dalamnya. Maka meminimalisir keterbatasan siswa dalam melaksanakan pembelajaran secara daring, guru-guru SMK Negeri 1 ULu Moro’o tergerak melaksanakan pembelajaran secara luring (luar jaringan) dengan tetap mengutamakan dan mematuhi protokoler kesehatan kendatipun masih dalam zona hijau. Pembelajaran luring ini memang pada dasarnya telah ada kesepakatan pihak sekolah, komite, dan orang tua siswa.

Selain itu, Kepala Sekolah SMK Negeri Ulu Moro’o, menuturkan juga bahwa faktor kesuksesan sebuah instansi adalah terjadinya kekompakan dan sikap loyalitas antara pimpinan dengan anggota dan sebaliknya begitu juga dibubuhi dengan, kejujuran, kedisplinan, kesadaran, serta menjujung tinggi nawa cita bangsa dan Negara.

Sementara itu, Kasek SMK Negeri 1 Ulu Moro’o, juga menyampaikan bahwa pada tahun pembelajaran 2021/2022, SMK Negeri 1 Ulu Moro’o kembali membuka penerimaan peserta didik baru dengan daya tampung 4 (empat) rombel dengan pilihan yaitu : Otomatisasi dan Tata Kelola Perkatoran (OTKP) dan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ).

” Untuk itu, bagi siswa-siswi SMP tamatan tahun ini dihimbau agar melanjutkan pendidikan pada tingkat Menengah Kejuruan yaitu di SMK Negeri 1 Ulu Moro’o. Dimana, melanjutkan studi di SMK Negeri 1 Ulu Moro’o meringankan beban orang tua dikarenakan bantuan pendidikan yang disediakan oleh Pemerintah melalui penyaluran dana Biaya Operasional Sekolah (BOS) sehingga tidak ada pungutan biaya apapun malahan Siswa/Siswi 90% mendapatkan bantuan PIP,” ucap Kasek SMK Negeri 1 Ulu Moro’o.

Penulis : Hiburan Daeli
Editor    : Redaksi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here