Peserta Rapat Mudes, Sepakat Mengusulkan Pemekaran Dusun I Desa Soewe

44

Infonias.com | Nias – Pemerintah Desa Soewe menggelar rapat Musyawarah Desa untuk Penetapan Pemekaran Dusun I (Satu) Desa Soewe Kecamatan Gido Kabupaten Nias, Rabu (03/02/21).

Rapat Musyawarah Pemekaran Dusun tersebut, dilaksanakan di Kantor Desa Soewe, Rabu 03 Februari 2021, sekira pukul 11.30 Wib.

Kegiatan rapat Musyawarah Penetapan Pemekaran Dusun tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Desa Soewe yang dihadiri BPD, LPM, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Kepala Dusun dan masyarakat sewilayah Desa Soewe.

Kepala Desa Soewe bapak Mariyono Laoli menyampaikan, bahwa digelarnya musyawarah desa ini, untuk penetapan pemekaran Dusun I (Satu), serta menyepakati usulan pemekaran Dusun I Soewe menjadi 2 (Dua) Dusun dengan wilayah Dusun I adalah Dusun Induk dan Dusun III sebagai Dusun Pemekaran.

Selain itu, Mariyono Laoli menjelaskan, bahwa Pemekaran Wilayah Dusun I (Satu) menjadi 2 (Dua) wilayah dengan berbagai pertimbangan, yakni untuk meningkatkan efektivitas pelayanan kepada masyarakat yang ada di wilayah Dusun I (Satu) dan mempermudah pengawasan terhadap efektivitas aktivitas kehidupan masyarakat seiring dengan pertumbuhan jumlah jiwa dan pemukiman padat di Dusun I (Satu), jelasnya Kades.

Dalam paparannya Mariyono Laoli mengatakan bahwa dasar pertimbangan, yakni semua peserta rapat telah menghasilkan kata sepakat dengan mengusulkan pemekaran Dusun I menjadi II wilayah, sehingga pusat pemerintahan wilayah Dusun I Induk dengan batas-batas sebelah Utara Dusun III (pemekaran), sebelah Selatan Desa Umbu, sebelah Barat Dusun II dan sebelah Timur Laut/pantai.

Tambahnya, untuk wilayah Dusun III (Dusun Pemekaran) dengan batas-batas sebelah Utara Desa Lolozasai, sebelah Selatan Dusun  I Desa Soewe, sebelah Barat Dusun II Desa Soewe dan sebelah Timur Dusun I Desa Soewe, ujarnya.

Sementara kegiatan Musyawarah Desa tentang Penetapan Pemekaran Dusun I menjadi II Wilayah tersebut, berjalan dengan lancar dan diterima oleh semua peserta Musdes.

Penulis : Y. Laoli
Editor    : Redaksi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here