Pancasila Sebagai Ideologi Bangsa Indonesia

61

Infonias.com | Sumut – Mengenang hari lahir pancasila 1 juni 1945 hingga bertepatan 76 tahun pada 1 juni 2021, Pancasila yang merupakan dasar/pondasi dari pada negara indonesia. selain dari pada itu pancasila juga dikenal sebagai ideologi negara indonesia, yang dimana seluruh warga negara indonesia menjadikan pancasila sebagai dasar sistem kenegaraan.

“Malam itu aku menggali, menggali dalam ingatanku, menggali dalam ciptaku, menggali dalam hayalku, apa yang terpendam didalam bumi indonesia ini. Agar supaya sebagai hasil dari pada penggalian itu dapat di pakainya sebagai dasar negara indonesia merdeka, cuman terbukti pancasila yang saya gali dan saya persembahkan kepada rakyat indonesia, bahwa pancasila itu benar-benar satu dasar yang dinamis, suatu dasar yang benar-benar dapat menghimpun segenap rakyat indonesia, atau dasar yang benar-benar mempersatukan rakyat indonesia itu untuk bukan saja mencetuskan Revolusi tetapi juga mengakhiri Revolusi ini dengan hasil yang baik, maka aku sebenarnya utusan wakil dari pada revolusi indonesia, revolusi indonesia ini bukan Revolusi soekarno tetapi Revolusi dari pada rakyat indonesia dari sabang sampai merauke.” Pidato Soekarno pada 1 juni 1945.

Keinginan dari pada soekarno itu sendiri dalam menggapai revolusi yang sesungguhnya yang berawal dari philosofische grondslag.

Nilai-nilai yang ada pada setiap butir pancasila harus dijadikan sebagai pedoman dasar dalam melangsungkan kehidupan bernegara.

Selain itu, pancasila sebagai ideologi negara juga bermakna menjadikan pancasila sebagai cita-cita atau visi. Hal ini tentunya berlaku ke setiap stakeholders dan seluruh warga negara.

Dalam pengertian pancasila berasal dari kata panca yang artinya lima dan sila yang artinya dasar, asas, sendi, landasan, atau peraturan dalam bertingkah laku yang penting dan baik. Maka pancasila merupakan lima dasar yang berisi pedoman atau aturan dalam bertindak yang penting dan baik.

Karenanya, pancasila kita anggap sebagai lima dasar yang telah dijadikan dasar ideologi Negara dan pandagan hidup. Dengan demikian, kita sebagai warga Negara Indonesia tidak dengan terombang-ambing ketika mengahadapi suatu problematika baik internal diri maupun eksternal.

Apa peran pancasila sebagai dasar Negara yang telah disepakati oleh para tokoh terdahulu telah teraktualkan dari zaman dulu hingga sekarang? Apa hanya sebagai simbol pancasila sebagai dasar ideologi Negara atau sudah teraktualkan terhadap warga Negara indoensia.

Peranan yang di cita-citakan oleh seorang bung karno yang mengedepankan kedaulatan kepada masyarakat indonesia.
Namun, peran dan fungsi berbeda terbalik dengan apa yang tengah terjadi saat ini, dimana lagi nilai pancasila itu sendiri tak pernah di gaungkan lagi oleh setiap masyarakat indonesia , entah karna kurangnya sosialisasi dari pada bidang pendidikan itu sendiri atau akibat dari perkembangan industri 4.0 sehingga Pancasila saat ini tidak jadi prioritas dimana anak SD hingga perguruan tinggi kurang memahami dan meneladani Pancasila.

Nampak dari pada generasi muda yang saat ini tidak memahami apa itu nilai-nilai pancasila yang sesungguhnya, akan tetapi sesungguhnya generasi muda ini lah yang menjadi tonggak dari pada estafet pembawa haluan bahtera negara ini, maka butuhlah pengajaran pengamalan pancasila yang sesunggunya kepada seluruh pelajar dalam dunia pendidikan agar penerapan pancasila tidaklah menjadi halusinasi belaka.

Sebagai dasar ideologi Negara Republik Indonesia (way of life), pancasila dalam nilai-nilainya telah dimiliki sejak zaman dulu.

Pancasila lahir karena keterpurukan bangsa dan negara sampai sekarang masih begitu kondiai negara ini, adakah sebegitu lama membangun negara ini yang pada umumnya masih mengetahui membaca dan menulis. Semua ketutup dan buram karena hasrat yang didalam hati kita, makna narasi dan tulisan banyak kita tidak pahami, apa penyebabnya ?

Itu semua karna sebagian dari pada kita tidak membangun dan membiasakan diri dalam membaca dan memahami sejarah perjuangan dari pada kemerdekaan itu sendiri sehingga menimbulkan acuh tak acuh dengan sejarah bangsa sendiri.

Olehnya, pancasila dijadikan sebagai dasar untuk mencapai tujuan negara, seperti yang telah tercatat dalam pembukaan Undang-undang dasar tahun 1945 (UUD 1945).

Artinya, pancasila dijadikan sebagai pedoman dalam kehidupan secara teoritis maupun secara praktis untuk kehidupan masyarakat berbangsa dan bernegara. yang kemudian mendasari pasal-pasal dalam Undang-undang dasar (UUD 1945). Kemudian, menjadikan cita-cita hukum yang telah dituangkan dalam sistem perundangan-undangan.

Penulis : Hiburan Daeli
Editor    : Redaksi
Sumber : Ketua DPD GMNI Sumut

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here