Oknum Warga Medan Terkonfirmasi Covid-19 Di Gunungsitoli

23

IN| Gunungsitoli – Oknum warga Kota Medan Berinisial FP Terkonfirmasi Covid-19 saat berkunjung ke Kota Gunungsitoli, hal ini disampaikan oleh Kadis Kominfo Onahia Telaumbanua di dampingi Kadis Kesehatan Kota Gunungsitoli Wilsen Napitupulu, Rabu (19/08/20)

Penambahan kasus konfirmasi tersebut, diumumkan oleh Kepala Dinas Kominfo bersama dengan Kepala Dinas Kesehatan Kota Gunungsitoli melalui konferensi  Pers di Kantor Dinas Kominfo Kota Gunungsitoli, jalan Pancasila Nomor 17, sekira pukul 18.50 Wib.

Sementara penambahan kasus konfimasi covid-19 tersebut, didapatkan setelah Pemerintah Kota Gunungsitoli menerima Surat Keterangan dari Direktur UPTD RSUD Gunungsitoli Nomor : 446/4595/Pel/VIII/2020 Tanggal 19 Agustus 2020 yang menyatakan bahwa pasien dengan inisial FP positif covid-19 setelah dilakukan pengambilan sampel swab nasofaring pemeriksaan COVID-19 (SARS-Cov2) menggunakan alat TCM (Test Cepat Molekuler) pada tanggal 18 dan 19 Agustus 2020.

Dalam penjelasannya Kepala Dinas Kominfo Kota Gunungsitoli (Onahia Telaumbanua), bahwa pasien FP tersebut adalah warga Medan sesuai alamat KTP yang dimilikinya, ianya sedang berlibur atau mengunjungi keluarga di Desa Mudik Kecamatan Gunungsitoli, sejak tanggal 03 Agustus 2020.

” Yang bersangkutan terdeteksi setelah Dinas Kesehatan Kota Gunungsitoli melakukan penelusuran jejak terhadap pasien inisial CSN warga Kabupaten Nias Utara yang terkonfirmasi positif covid-19,” jelasnya Kadis Kominfo Kota Gunungsitoli.

Selanjutnya pasien FP akan menjalani isolasi dan perawatan di tempat yang telah disediakan oleh Pemerintah Kota Gunungsitoli yaitu di Hotel Caesar dan bila masa isolasinya telah selesai dalam hal ini 14 hari, kepada yang bersangkutan akan dilakukan pengujian kembali.

“  Petugas Kesehatan  Kota Gunungsitoli saat ini sedang melakukan penelusuran jejak siapa saja yang sempat kontak dengan yang bersangkutan, diharapkan kepada pihak keluarga atau warga yang sempat kontak untuk proaktif melaporkan diri kepada pusat pelayanan kesehatan terdekat untuk di-Rapid Test,” ujar Onahia ( Kepala Dinas Kominfo Kota Gunungsitoli.

“ Dan kepada masyarakat Kota Gunungsitoli diharapkan tetap tenang, tetap melakukan aktivitas sebagaimana biasanya, namun tetap memakai masker jika beraktivitas di luar rumah, menjaga jarak dan cuci tangan,” harapnya.

(INC – Yamoni Laoli/Rusman Mendrofa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here