KPU Nias Tetapkan Daftar Pemilih Tetap Sebanyak 87.349 Orang

32

Infonias.com | Nias – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Nias, menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) dan Penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang dilaksanakan di Aula Gedung Serbaguna, Jalan Pancasila Hiliweto, Kecamatan Gido, Kamis (15/10/20).

Sebelum dimulai kegiatan rapat pleno tersebut, KPUD Kabupaten Nias mewajibkan seluruh peserta rapat, melakukan cuci tangan serta memakai handsanitizer dan masker sebelum memasuki ruangan, untuk mematuhi protokoler kesehatan demi pencegahan Covid-19.

Kegiatan tersebut dipandu langsung oleh Anggota KPU Kabupaten Nias (Dedi Kurniaman Batee) dibantu Ibu Kasubbag Data KPUD (Merida Manurung) dan Staff KPUD.

Ketua KPU Kabupaten Nias (Firman Mendrofa) dalam sambutannya menyampaikan sejumlah dasar pelaksanaan kegiatan serta menjelaskan beberapa tahapan yang sudah dilakukan mulai dari pendataan oleh PPDP hingga terlaksananya penetapan DPT.

Selanjutnya Firman Mendrofa mengatakan bahwa sebelum adanya penetapan secara resmi dalam pleno terbuka ini, setiap Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) akan membacakan hasil plenonya masing-masing untuk nantinya dikoreksi oleh Stackholder dan pihak terkait.

” Sebelum penetapan di tingkat Kabupaten, KPUD Nias melalui PPK dan PPS telah melakukan pleno DPSHP di tingkat Desa dan Kecamatan untuk ditetapkan menjadi DPT tingkat Kabupaten,” ucap Ketua KPUD Nias.

Sementara dalam sambutannya Ketua Bawaslu Kabupaten Nias (Novan Maskurian Hura, SH) berharap dalam pelaksanaan rapat pleno DPSHP dan penetapan DPT Pilkada Tahun 2020 ini, bisa berjalan dengan baik dan sesuai ketentuan dan peraturan yang ada.

” Ya kita berharap semoga penetapan DPT ini berjalan baik dan dilaksanakan sesuai ketentuan dan peraturan yang ada,” harap Ketua Bawaslu Nias.

Setelah melalui proses pembacaan rekapitulasi oleh PPK dan mendapat koreksi dari Bawaslu dan Tim LO Pasangan Cakada, KPU Kabupaten Nias menetapkan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Bupati Nias dan Wakil Bupati Nias tahun 2020 sebanyak 87.349 orang dengan rincian : laki-laki 41.897 orang dan perempuan 45.452 orang.

Pada rapat pleno tersebut hadir  Bupati Nias (Sokhiatulo Laoli), Anggota KPU Kabupaten Nias (Elisati Zandroto, Sitori Mendrofa dan Iman Murni Telaumbanua), Anggota Bawaslu Kabupaten Nias (Warling Telaumbanua dan Nurjaya Harefa), Dinas Dukcapil Kabupaten Nias, Kesbangpol Kabupaten Nias, Tim Help Desk Pilkada, Kepolisian Resort Nias dan Kodim TNI AD 0213 Nias.

(INC – Kristiani Gea/Tim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here