Ketua DPRD Nias Barat : Keberhasilan Pemimpin Harus Bisa Menjawab Persoalan Daerah

44

Infonias.com | Nias Barat – Ketua DPRD Kabupaten Nias Barat bapak Drs. EVOLUT ZEBUA menghadiri penyambutan dan syukuran Bupati dan wakil Bupati Nias Barat Bapak khenoki Waruwu dan Bapak Era-era Hia di halaman Kantor Bupati Nias Barat, Jumat (30/04/21).

Dalam pidatonya menyampaikan beberapa hal yg menjadi permasalahan di Nias Barat, terutama keluarga miskin yang mencapai 22.500 jiwa lebih dari 92 Ribu jiwa, dan angka sunting (kekurangan gizi) 40 persen kelahiran bayi yang ada. Jika ada yang melahirkan 100 orang maka ada 40 bayi yang lahir, belum tentu menjadi generasi yang baik. Oleh karena itu adalah menjadi tantangan kepada Bupati dan Wakil Bupati, harus bisa menjawab persoalan-persoalan karna persoalan dimulai apa kondisi masyarakat Nias Barat.

Ada Tiga potensi yg ada di Nias Barat, Pertanian, Pariwisata dan yang ke tiga Perikanan. Oleh karena itu, tentu di butuhkan kepiawaian Bupati, Wakil Bupati, dan OPD dalam persoalan ini.

Drs.Evolut Zebua menambahkan dalam pidatonya, supaya menahan diri semua, supaya bisa mengukur harapan ini kepada Bupati dan Wakil Bupati yang menjalankan tugas kedepan. APBD Nias barat saat ini hanya 615 miliyar, tentu ada pilihan dan harus ada usaha Bupati ya extraodinary. APBD Kabupaten Nias Barat tahun 2021 yang 615 miliyar itu, di bagi dalam pos-pos belanja beberapa dana untuk desa DD dan ADD 200 miliyar, gaji ASN 146 miliyar, TTP 30 miliyar dan PTT 40 miliyar. Sisa anggaran 199 miliyar untuk pembangunan dan Operasional dinas. Tentu kita minta dukungan kepada semua pihak termasuk kepada bapak Binahati Baeha. Harus ada campur tangan untuk koneksi ke pusat dan bisa memberdayakan potensi yang ada, termasuk Investor terutama putra putri Nias Barat. Jangan di panggil Investor TAPIOKA dulu (sambil senyum dan mengundang masyarakat yang hadir tertawa). Evolut Zebua percaya namanya
BERSIH, UNGGUL dan MAJU ada sebuah keniscayaan.

Ketua dan anggota DPRD Kabupaten Nias Barat, siap mendukung dan bermitra dengan Bupati dan Wakil Bupati dalam tataran setelah di Perdakan, apa yang menjadi cita-cita dan tujuan daerah, tentu dalam rangka tidak KKN. Beliau berharap bersih, tentu dimulai bagaimana membersihkan ASN karna Sampai sekarang ASN kita, struktur organisasi, Eselon ll sudah 25, Kepala bagian 12, Camat 8, nyaris OPD 45. Oleh karena itu, sebuah peninjauan kembali, bagaimana membagi APBD yang sedikit ini dengan tataran lebih unggul dan maju, Evolut Zebua mengakhiri.

Penulis : Hiburan Daeli
Editor    : Redaksi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here