Kadis Bersama Staf Dinas TARSIP Kabupaten Nias Barat Kunker Ke Pemkot Gunungsitoli

110

Infonias.com | Nias Barat – Berdasarkan Surat Tugas dari Bupati Nias Barat Nomor 090/090/Tarsip tanggal 17 Januari 2022,  Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Tarsip) Kabupaten Nias Barat Bapak Rosedi Daeli, SE.,MM didampingi oleh Staf Dinas perpustakaan dan kearsipan Kabupaten Nias Barat Trisman E. Zendrato, S.IPus melakukan kunjungan kerja ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Gunungsitoli, Selasa (18/01/2022) yang disambut hangat oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Gunungsitoli Bapak Anotona Gea,S.Pd.,MM.

Adapun maksud dan tujuan Kunjungan Kerja tersebut selain bersilaturahmi juga untuk melakukan Koordinasi dan konsultasi tentang Pengembangan dan Pengelolaan Perpustakaan dan Kearsipan guna meningkatkan minat baca masyarakat.

Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Kota Gunungsitoli memaparkan Program / Kegiatan Unggulan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Gunungsitoli untuk meningkatkan minat baca masyarakat,  yaitu:
1.Pondok Baca Digital;
2.Perpustakaan Keliling;
3.Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat (PILM)
4.Pengembangan inovasi layanan perpustakaan digital berbasis website melalui aplikasi inlislite versi 3.2 dari Perpustakaan Nasional.

Kemudian dijelaskan bahwa aplikasi Inlislite ini dapat diakses melalui website Pemerintah Kota Gunungsitoli oleh seluruh masyarakat melalui jaringan internet, baik melalui ponsel pintar (smartphone) maupun komputer. Layanan perpustakaan digital dirasakan sangat penting dalam suasana dan masa pandemi Covid-19.

Untuk meningkatkan minat baca masyarakat, Perpustakaan harus mampu memberikan suasana yang nyaman dengan selalu menjaga kebersihan, menjaga kerapian buku, serta penataan tempat baca yang bisa membuat nyaman setiap pengunjung, lanjut Kadis Tarsip Kota Gunungsitoli.

Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Nias Barat Bapak Rosedi Daeli, SE.,MM sangat mengapresiasi pengelolaan Perpustakaan dan Kearsipan di Kota Gunungsitoli terlihat tertata rapi dan nyaman. Selanjutnya diharapkan melalui koordinasi dan konsultasi ini  akan menjadi bahan/referensi pengembangan dan pengelolaan perpustakaan dan kearsipan di Kabupaten Nias Barat dan perlu saling bersinergi dalam memaksimalkan tata kelola Perpustakaan dan Kearsipan untuk mewujudkan dan mengembangkan Budaya Literasi bagi masyarakat. Salam Literasi “L”

Sebelum mengakhiri kunjungan kerja tersebut dilakukan sesi foto bersama dengan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Gunungsitoli dan beberapa staf perpustakaan.

Penulis : Hiburan Daeli
Editor    : Redaksi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here