GMNI Dorong Pemerintah Kuatkan Nilai-Nilai Pancasila Dalam Kurikulum Pendidikan

45

Infonias.com | Jawa Timur – Peringatan Hari Lahir Pancasila diartikan sebagai bentuk mengenang hari tercetusnya dasar negara yang mampu merangkul semua golongan masyarakat Indonesia. Hal tersebut karena Pancasila diambil dari nilai nilai luhur bangsa Indonesia. Guna menyebarkan nilai nilai Pancasila maka diterapkan di berbagai sektor termasuk pula di pendidikan. Kurikulum pendidikan telah mengalami berbagai perubahan sehingga dinilai tidak lagi memberikan pengetahuan bagaimana menerapkan nilai nilai Pancasila dalam kehidupan sehari hari.

Oleh karena itu GMNI Jawa Timur menekankan pemerintah untuk membuat sekolah Pancasila guna menanamkan nilai nilai Pancasila. Gagasan tersebut disampaikan oleh Ketua DPD GMNI Jawa Timur Fathul Bari, S.Pd “Mempraktekan nilai nilai Pancasila terlebih dahulu perlu dipahami betul sehingga tidak salah dalam mempraktekkan. Maka generasi bangsa Indonesia sebagai aset dimasa depan perlu ditanami sejak dini melalui penggemblengan penggemblengan secara nyata. Sebaiknya nilai Pancasila lebih diperkuat di dalam kurikulum pendidikan kepada
guna dapat memberikan pengetahuan lebih bagaimana mempraktekkan nilai nilai Pancasila di lingkungan masyarakat,” Pungkas Bari.

Melalaui Pendidikan formal pembelajaran Pancasila telah diberikan sejak dahulu. Namun hal tersebut menurut Mahasiswa Pascasarjana Universitas Negeri Malang (UM) ini kurikulum pendidikan hanya mengajarkan secara teoritik. Belum memberikan pemahaman mendalam bagaimana implementasinya. “Kurikulum Pendidikan di Indonesia setelah mengalami beberapa kali perubahan hanya mengajarkan Pancasila secara teoritik. Tetapi tidak memberikan bekal kepada generasi muda bagaimana pelaksanaannya. Maka kurikulum pendidikan sebaiknya lebih menekankan pelaksanaan nilai Pancasila dalam kehidupan nyata. Khususnya di tingkatan SMA bahkan hingga Perguruan Tinggi,” Kata Bari.

“Sudah saatnya Pancasila dipahami tidak hanya secara teoritik. Tetapi dipahami secara praktek. Sebagai dasar negara yang mutlak perlunya dilaksanakan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” tambahan Bari.

Penulis : Hiburan Daeli
Editor    : Redaksi
Sumber : Ketua DPD GMNI Jawa Timur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here