Gelar Pasukan Operasi Lilin Toba 2020, Polres Nias Melaksanakan Apel

169

Infonias.com | Gunungsitoli – Kepolisian Resor Nias melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Toba Tahun 2020 bertempat di Lapangan Apel Mapolres Nias, Jalan Bhayangkara No. 01 Kota Gunungsitoli, Senin (21/12/20) pagi.

Bertindak sebagai Pembina Apel Kabgren Polres Nias AKP Arius Zega, S.H., M.H., Perwira Apel Kasat Sabhara IPTU A. Zendrato dan Pimpinan Apel Kanit Regident Sat Lantas IPTU Sonahami Lase, S.H. dengan peserta Apel yang terdiri dari Peleton pasukan dari Kodim 0213/Nias, Personil Polres Nias, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan dan Sat Pol PP Kota Gunungsitoli.

Operasi Lilin Toba 2020 akan digelar selama 15 hari, sejak tanggal 21 Desember 2020 sampai 04 Januari 2021 yang mana Polres Nias telah menyiapkan 3 Pos Pengamanan yaitu di Pos PAM Pelabuhan Angin Gunungsitoli, Pos PAM Lantas Kota Gunungsitoli serta di Pos PAM Bandara Binaka Gunungsitoli, dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif secara humanis, serta penegakan hukum secara tegas dan profesional. Tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19, sehingga masyarakat dapat merayakan Natal dan Tahun Baru dengan rasa aman dan nyaman.


Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Toba 2020 ditandai dengan penyematan Pita Operasi oleh Pembina Apel kepada perwakilan dari Sub Den POM ½ – 5 Nias, Kodim 0213/Nias, Sat Lantas, Sat Sabhara Polres Nias, Dinas Perhubungan dan Sat Pol PP  dan Kota Gunungsitoli.

Pada kesempatan tersebut, Kabgren Polres Nias AKP Arius Zega, S.H., M.H. selaku Pembina Apel membacakan amanat  Kapolri Jenderal Drs. Idham Azis, M.Si untuk dipedomani dan dilaksanakan yaitu :

1.Siapkan mental dan fisik serta jaga kesehatan, niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Tuhan YME.

2.Lakukan deteksi dini dengan memetakan dinamika dan fenomena yang berkembang, sebagai langkah antisipasi sedini mungkin untuk mencegah aksi yang meresahkan masyarakat.

3.Tingkatkan kepekaan, kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam melaksanakan pengamanan dan antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya aksi teror dan kriminalitas yang memanfaatkan momentum Natal 2020 dan perayaan tahun baru 2021.

4.Laksanakan pengamanan secara profesional dan humanis, berikan pelayanan terbaik, lengkapi sarpras dan perlengkapan perorangan yang memadai, serta lakukan penugasan anggota dengan buddy system;
5.Laksanakan penegakan hukum secara profesional dan proporsional serta bertindaklah secara tegas namun humanis terhadap setiap pelanggaran hukum yang berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas.

6.Mantapkan kerja sama, sinergi, dan soliditas para pihak yang terlibat demi keberhasilan pelaksanaan operasi.

7.Tetaplah menjadi teladan bagi keluarga, rekan, dan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan mencegah penyebaran Covid-19, yaitu mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, serta menerapkan pola hidup sehat dan bersih. “

Dalam pelaksanaan pengamanan Natal dan Tahun Baru, Polri telah mempersiapkan 83.917 personel Polri, 15.842 personel TNI, serta 55.086 personel instansi terkait lainnya. Personel tersebut akan ditempatkan pada 1.607 pos pengamanan untuk melaksanakan pengamanan terkait gangguan kamtibmas dan kamseltibcar lantas dan 675 pos pelayanan untuk melaksanakan pengamanan di pusat keramaian, pusat belanja, stasiun, terminal, bandara, pelabuhan, dll.

Tidak lupa, pada kesempatan yang baik ini saya juga mengucapkan, “ Selamat Hari Raya Natal 2020 dan Tahun Baru 2021,” semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, senantiasa memberikan perlindungan, kekuatan dan keselamatan kepada kita, dalam melanjutkan pengabdian terbaik kepada masyarakat, bangsa, dan negara, dalam bingkai persatuan dan kedamaian, tutup Kabagren Polres Nias selaku Pembina Apel mengakhiri amanat Kapolri.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Nias Arosokhi Waruwu, S.H.,M.H., Kasdim 0213/Nias Mayor (Inf) Utuh Saragih, Asisten II Nurkemala Gulo Mewakili Walikota Gunungsitoli, Kasat Pol PP Kab. Nias Utara Yobedi Gulo Mewakili Bupati Nias Utara, Kadis Perhubungan Kab. Nias Barat T.R. Mendrofa Mewakili Bupati Nias Barat, Dan Sub Den POM ½ – 5 Nias Kapten CPM Wigus Siswoyo, Dan Pos AL Gunungsitoli Kapt. Laut (T) Heri Wahyudi, Kepala Basarnas Kep. Nias Agus Wibisono, S.E., Para Kadis jawatan Kantor Kab/Kota, para Kapolsek sejajaran Polres Nias serta sejumlah undangan lainnya.

Penulis : Arius Mendrofa
Editor    : Redaksi
Sumber : Humas Polres Nias (YFH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here