Bupati Nias Serahkan Secara Simbolis Bansos JPS Kepada Masyarakat Kecamatan Gido

37

IN| Nias – Bantuan terkait penanganan masyarakat terdampak covid-19 yang berasal dari pemerintah Provinsi Sumatera Utara mulai disalurkan di Kabupaten Nias. Perdana penyaluran pendistribusian secara simbolis diserahkan oleh Bupati Nias kepada penerima manfaat yang dilaksanakan di Kecamatan Gido, bertempat pada halaman Kantor Camat Gido, Rabu (27/05/20).

Selain di Kecamatan Gido, Wakil Bupati Nias Arosokhi Waruwu, SH juga memimpin penyaluran pendistribusian bantuan Jaringan Pengaman Sosial (JPS) di Kecamatan Botomuzoi.

Camat Gido Jellysman B Geya, SSTP, M.Si sebagai kepala wilayah di Kecamatan Gido menyampaikan terimakasih kepada Provinsi Sumatera Utara terkait jejaring pengaman sosial (JPS) yang disampaikan diwilayah Kabupaten Nias dan khususnya di Kecamatan Gido, dimana 480 kepala keluarga yang benar-benar belum menerima bantuan sama sekali, baik dari BLT, PKH, BPNT, BST dan bantuan JPS Kabupaten Nias.

Pada penerimaan bansos JPS ini, hadir mewakili masing-masing desa 2 (dua) orang, kita harus menjaga aturan untuk jaga jarak, ” Permasalahan dilapangan bagi masyarakat penerima manfaat tidak ada, ini berkat dari dukungan pemerintah Desa dan Tim Covid-19, baik dari Desa, Kecamatan dan Kabupaten,” ujar Camat Gido.

Sementara Bupati Nias Drs. Sokhiatulo Laoli, MM mengatakan Kabupaten Nias mendapat bantuan dari Provinsi Sumatera Utara yaitu berupa Bansos Jaringan Pengaman Sosial (JPS) merupakan satu bantuan kepada masyarakat yang terdampak covid-19.

” Bantuan dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara kepada warga miskin di Kabupaten Nias sebesar Rp. 6.314.625.000 untuk 28.065 (KK) berupa JPS dalam bentuk sembako satu kemasan untuk satu kepala keluarga seharga Rp.225.000, (dua ratus dua puluh lima ribu rupiah),” jelasnya.

Adapun isi dalam satu kemasan untuk satu kepala keluarga yang harganya sebesar Rp. 225.000 tersebut sebagai berikut :

1. Beras 10 kg
2. Minyak goreng 2 liter/Kg
3. Mie instan/Indomie 20 bungkus
4. Gula pasir 1 kg
5. Susu kaleng 1 buah
6. Bubuh teh 1 bungkus

Bantuan JPS yang dibagikan hari ini diharapkan dapat merata kesemua warga sesuai data penerima. Bupati Nias berperan agar warga tetap mengikuti himbauan Pemerintah dengan selalu memakai masker, jaga jarak, cuci tangan sesering mungkin untuk menjaga kesehatan.

Fatou’osa Waruwu Anggota DPRD Kab.Nias yang juga sebagai pengawasan pendistribusian bansos JPS kepada awak media menyampaikan ucapan terimakasih kepada pemerintah daerah, seperti kita ketahui bersama, kemarin secara transparannsi di Gedung Salak Madu dan hari ini dimana Item per item sudah diperlihatkan kepada masyarakat dan terlebih-lebih kepada penerima manfaat.

Selanjutnya Fatou’osa Waruwu berharap kedepan kiranya hal-hal ini dapat dipertahankan untuk mengatasi sosial destancing terkait pandemi corona, ” Pemerintah Daerah bisa mengambil bagian untuk mentrisbusikan apapun bentuk bantuan baik dari pusat, provinsi dan terlebih-lebih melalui APBD Kabupaten Nias,” ucap Fatou’osa.

Dalam pendistribusian Bansos JPS di Kecamatan Gido tersebut selain Bupati Nias, dihadiri oleh Fatou’osa Waruwu Anggota DPRD Dapil 1 Kabupaten Nias, Yafao Harefa Wakil Kapolres Nias, Ketua Pengadilan, Kepala Dinas Sosial Kab.Nias dan tim Gugus Covid-19 Kabupaten Nias. (Red/Tim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here