Bupati Nias Resmikan Kembali Objek Wisata Air Panas Mbomboaukhu

49

Infonias.com | Nias – Bupati Nias bapak (Drs. Sokhiatulo Laoli. MM) meresmikan launching pemanfaatan kembali objek wisata Mbomboaukhu di desa Oladano Kecamatan Idanogawo yg di hadiri berbagai tokoh masyarakat, tokoh agama, camat dan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Nias.

Dalam arahannya Bupati Nias kepada pelaku usaha menyampaikan, bahwa pengunjung di lokasi objek wisata guna menjaga kelangsungan objek wisata itu sendiri dari pencemaran lingkungan dan berbagai gangguan hingga wisatawan/pengunjung dapat merasa nyaman berekreasi di lokasi pemandian air hangat (Mbomboaukhu/Idanogawo) yang di perkirakan memiliki ketinggian suhu mencapai 41°celsius yang terletak di Desa Oladano, Kecamatan Idanogawo, Kab. Nias-SUMUT, Sabtu (13/02/21).

Dalam kesempatan itu, Bupati Nias selaku pimpinan daerah sekaligus juga Menyerahkan beberapa bantuan sarana kepada pelaku usaha sebagai wujud dari usaha pariwisata dan ekonomi kreatif.

Kharisman Halawa, selaku Kadis Pariwisata di dalam laporannya menyampaikan bahwa launching pemanfaatan kembali objek wisata ini bertujuan untuk memperkenalkan kepada khalayak ramai bahwa salah satu Destinasi Pariwisata Kabupaten Nias mulai beroperasi kembali dan siap di kunjungi oleh para wisatawan, dimana salah satu icon dalam Laporan Kadis Pariwisata Kabupaten Nias, Kharisman Halawa, mengatakan tujuan kegiatan ini melaksanakan launching dan juga mempromosikan kepada publik atau masyarakat bahwa destinasi Wisata Air Panas Mbomboaukhu sebagai Icon Kabupaten Nias telah beroperasi kembali dan siap menerima Wisatawan. Selain itu, menyerahkan bantuan sarana penjualan bagi pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif.
Tambahnya, pekerjaan rehabilitasi sarana dan prasarana objek wisata air panas ini di laksanakan secara bertahap, yang di mulai dari tahun 2017 hingga selesai di tahun 2020. Dimana setelah Bupati Nias menandatangani MOU dengan Rektor ITB (2017) maka dilakukan berbagai riset guna mengoperasikan kembali Objek Wisata pemandian Air Panas ini yang bersumber dari Dana Insentif Daerah (DID) dan SCR dari Bank SUMUT tahun 2020, imbuh Kadis Pariwisata (Kharisma Hal).

Sementara itu, bapak Bupati Nias Drs. Sokhiaatulo Laoli, MM, menyatakan bahwa beliau sangat mengapresiasi kinerja Pemerintah Kabupaten Nias di dalam mensukseskan program pembangunan khusus sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan dapat terlaksana dengan baik.

Lanjutnya, launching ini adalah promosi kepada Publik agar dapat segera mengetahui daya tarik istimewa yang di miliki objek wisata ini, yakni relaksasi tubuh dan memberi kesehatan dan penyembuhan beberapa jenis penyakit.

Dengan harapan, agar segala sesuatu yang sudah di rehab ini dapat di jaga dan di pelihara, agar bermanfaat bagi kita semua dalam jangka waktu yang panjang.

Diakhir sambutannya Bupati Nias juga menyampaikan rasa apresiasi yang tinggi kepada semua pihak yang telah bekerja sama di dalam mensukseskan program ini.

Penulis : Else Mendrofa
Editor    : Redaksi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here