Bupati Nias Hadiri Kegiatan Presentasi Produk Sarana Produksi Pertanian

45

Infonias.com | Nias – Bupati Nias, (Drs. Sokhiatulo Laoli, (MM) hadiri kegiatan pelaksanaan presentasi produk-produk sarana produksi pertanian  yang dilaksanakan di aula serbaguna lantai III Kantor Bupati Nias, Rabu (18/03/20).

Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Nias fasilitasi pelaksanaan presentasi produk-produk sarana produksi pertanian yaitu pupuk organik yang diproduksi oleh PT. Isis (Indo Scott Megah Industrial Service) Megah yang tujuan agar petani di Kabupaten Nias tahu manfaat penggunaan produk untuk meningkatkan hasil pertaniannya.

Dalam arahannya Bupati Nias menjelaskan jika saat ini petani Nias masih tergantung pada pupuk anorganik/pupuk kimia, “Keberhasilan pembangunan dibidang pertanian tentu tidak terlepas dari ketersediaan sarana produksi yang memadai. Sarana produksi dimaksud diantaranya adalah, benih, pupuk, pestisida, zat pengatur tumbuh dan inokulasi. Saat ini petani kita masih tergantung pada pasokan pupuk bersubsidi yang jumlah alokasinya masih jauh dari kebutuhan petani dilapangan. Di tahun 2020 alokasi pupuk bersubsidi di Kabupaten Nias sejumlah 1.030 ton pupuk anorganik (90,75%) dan 105 ton pupuk organik (9,25%). Dari komposisi ini kita bisa tahu bahwa penggunaan pupuk kimia masih sangat dominan dari pupuk organik,” ucap Bupati.

Pada akhir arahannya Bupati berharap agar presentasi ini dapat menambah wawasan para peserta, “Kita berharap agar pertemuan ini dapat menambah wawasan sekaligus merubah pola pikir dan cara bertindak dalam melakukan usaha pertanian yang berorientasi pada peningkatan produksi, pelestarian daya dukung lahan pertanian dan menghasilkan produk tani yang maksimal,” harap Bupati Nias. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here