Bupati Nias Barat Membuka Secara Resmi Musrenbang RKPD Kecamatan Moro’o

126

Infonias.com | Nias Barat – Bertempat Aula Kantor Camat Moro’o, Bupati Nias Barat Faduhusi Daely, S.Pd, buka secara resmi Musrenbang RKPD Kecamatan Moro’o TA. 2022, Rabu (24/02/21).

Acara diawali menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya Dan dilanjutkan dengan Laporan Camat Moro’o yang menyampaikan dasar pelaksanaan Musrenbang dan Profil Kecamatan Moro’o, serta gambaran umum program Kecamatan Moro’o yang mengacu pada Visi Misi Bupati & Wakil Bupati terpilih “Bersih, Unggul dan Maju.”

Sambutan Watua DPRD Nias Barat Haogomano Gulo mengatakan, bahwa dampak Covid-19 sungguh kita rasakan bersama bagaimana pembangunan yang telah kita rencanakan sebelumnya di tahun 2019 tidak bisa kita laksanakan di tahun 2020 kemarin hanya karena Pandemi Virus Corona.

” Kita berharap di tahun 2021 ini akan berakhir Pandemi Covid-19 dan kembali kita menikmati pembangunan itu. Oleh karena itu, mari kita ikuti musrenbang ini dengan baik sebagai tanda bahwa kita serius membangun Nias Barat ini,” ujar Haogomano.

Dalam arahan tugasnya Bupati Nias Barat menyampaikan salam kepada para hadirin seraya menyampaikan Musrenbang ini adalah cara kita melakukan penanjaman, mensinergikan, mensinkronkan dan mengklarifikasi setiap usulan yang bersifat mendesak dan skala prioritas. Kita berharap dana DAK dapat membantu mendanai berbagai usulan yang berkembang dalam Musrenbang kali ini.

Di Kecamatan Moro’o ini memiliki potensi Sawan dan jenis pangan lokal lainnya, ditambah lagi karena secara politis Kecamatan Moro’o merupakan wilayah strategis karena berbatasan dengan wilayah Kabupatèn Nias Utara. Hanya selama ini kita terlena dan tidak mau membangun potensi yang ada. Kita tidak mau menanam sayur-2an padahal lahan kita cukup subur, tetapi kita malah senang membelinya di pekan-pekan (pasar rakyat). Kebiasaan ini hendaknya kita sudahi dan mari kita memanfaatkan sumber daya yang ada, tutur Bupati.

Lebih lanjut disampaikan Bupati; Sumber Daya Manusia di Kecamatan Moro’o ini cukup baik. Bupati ke-3 Nias Barat dari Kecamatan Moro’o, Sekda Nias Barat Pertama dari Kecamatan Moro’o dan Bupati Terpilih tahun 2020 kemarin dari Kecamatan Moro’o, serta beberapa Anggota DPRD yang semua ini potensi dan aset kita yang amat besar dan patut dibanggakan. Banyak juga potensi wisata di Nias Barat ini, ada Bukit Zaitun di Mandrehe Utara, ada Bukit Hermon di Lahömi, ada Bukit Somömö di Lölögolu-Mandrehe dan ada Bukit Golgota di Sisobaoho Kecamatan Mandrehe Barat, papar Bupati Nias Barat.

Bupati Nias Barat menghimbau Kepala Desa agar lahirkan inovasi dan sentuhan-sentuhan yang memberikan peluang kerja bagi masyarakat.

” Kami berharap dalam pengelolaan Dana Desa harus disisihkan 8% untuk kebutuhan penanggunglangan Covid-19 berupa BLT bagi keluarga tidak mampu dan pos-pos lain yang sesuai dengan aturan yang ada. Kepala Desa dan Kepala Sekolah harus rajin ke Gereja dan harus mampu memberikan motifasi bagi masyarakat dalam berbuat baik selagi waktu masih ada,” harap Bupati Nias Barat mengakhiri.

Rapat tersebut dihadiri oleh Bupati Nias Barat, Wakil Ketua DPRD Nias Barat, Kepala Desa, Ketua BPD, Tokoh Masyarakat dan seluruh Kepala Sekolah SD, SMP dan SMK, Se-Kecamatan Moro’o, Kabupaten Nias Barat.

Penulis : Warnidar Hulu
Editor    : Redaksi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here